21 Juni 2023 KEGIATAN FAKULTAS INTAN PERMATA SARI

FAKULTAS TARBIYAH MENGADAKAN FGD VISI MISI FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI AGAR SESUAI DENGAN TUNTUTAN MASYARAKAT

Banyuwangi – Visi misi bisa diibaratkan wajah atau perwujudan bagaimana nantinya alumni dari Fakulttas. Menyadari pentingnya peran visi dan misi Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) pada Senin (19/06/2022). Perumusan Visi Misi Fakultas tarbiyah sendiri memulai perjalanannya sejak beberapa bulan lalu. Dimana dilakukan rapat secara internal di fakultas lalu demi mendapat visi misi yang sesuai diselenggarakan FGD Eksternal visi misi dengan mengundang Pakar.

Acara yang diselenggarakan di Meeting Room IAI Ibrahimy Genteng tersebut menghadirkan pihak eksternal seperti dari Pakar Dr. H. Muhammad Imam Khaudli, S.Pd.I.,M.Si., perwakilan Kemenag Kabupaten Banyuwangi, Kepala Sekolah dari beberapa Lembaga pendidikan, dan Alumni Fakultas Tarbiyah.

Pengurus Yayasan dan Rektorat turut hadir dalam kegiatan tersebut. Wakil Rektor I Dr. H. Ahmad Aziz Fanani, M.Pd.I yang mewakili pihak Rektorat membuka acara tersebut. Dalam sambutannya beliau memohon kepada udangan yang hadir untuk untuk memberikan masukan, saran, dan lain sebagainya untuk penyempurnaan visi dan misi. “Kami menyadari bahwa visi dan misi itu tidak bisa dirumuskan sendiri visi dan misi itu perlu dirumuskan bersama antara fakultas dan stakeholder juga keterlibatan dari alumni,”ungkapnya.

Baca Juga : Menyongsong Revolusi Industri 5.0, Fakultas Tarbiyah Gelar Seminar Nasional Untuk Menyiapkan Pendidik Kreatif

Dekan Fakultas Tarbiyah Imam Wahyono, M.Pd.I berharap lewat FGD tersebut dapat menyempurnakan visi misi yang nantinya, akan digunakan selama beberapa tahun ke depan, “Kami harap nanti masukan masukan dari semua yang hadir sesuai dengan kebutuhan yang ada di Masyarakat. Jadi visi misi ini disusun tidak hanya menjadi hiasan dinding saja akan tetapi visi misi yang hari ini kita diskusikan benar - benar dapat mencetak alumni di fakultas tarbiyah yang memang memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat,”tambahnya.

Dr. H. Muhammad Imam Khaudli, S.Pd.I.,M.Si., yang juga menjabat sebagai Pengurus Konsorsium Lembaga Penjaminan Mutu Kopertais wilayah IV Surabaya, menyampaikan bahwa visi misi merupakan sesuatu yang harus dipenuhi dan perlu perencanaan jangka panjang yang berkelanjutan artinya konkret dimana masa depan itu tercantum. “Dalam visi misi itu tertuang 10,20,40 tahun kedepan ini Fakultas Tarbiyah memilki wajah seperti apa.  Maka visi misi itu setidaknya harus memenuhi empat hal. Yang pertama simple dan menarik, yang kedua menantang, yang ketiga praktis, dan yang keempat realistis. Simple dan menarik itu artinya mudah dihafal. Menantang bermakna ada hal yang ingin dicapai kedepannya.  Lalu untuk Realistis maksudnya terukur,”jelasnya.